Sunday, May 29, 2016

Bau tidak sedap pada kaki merupakan hasil dari produksi keringat pada kaki, lalu diurai oleh bakteri atau jamur. Menurut penelitian, rata-rata manusia mempunyai 120 ribu kelenjar keringat di kedua telapak kakinya. Seseorang yang mengalami  hiperhidrosis, atau produksi keringat berlebih pada tubuh berpeluang lebih besar mengalami bau kaki daripada orang yang produski keringatnya normal. Bau kaki ini sungguh mengganggu penampilan dan menyebabkan hilangnya rasa percaya diri. 
 

Cara menghilangkan bau kaki secara alami yang pertama adalah dengan membersihkan kaki secara rutin dengan cairan antiseptik. Bersihkan kaki secara menyeluruh mulai dari telapak, kuku sampai sela-sela jari. Setelah itu, keringkan kaki sebelum beraktifitas atau memakai sepatu. Pilihlah sepatu yang tidak sempit dari bahan kulit atau yang mempunyai sirkulasi udara yang baik untuk mengurangi keringat pada kaki. Anda juga bisa menyemprotkan deodorizer ke dalam sepatu. Atau pakailah kaus kaki yang menyerap keringat, ganti secara rutin satu hari sekali.

Cara menghilangkan bau kaki yang kedua adalah dengan membersihkan kuku secara menyeluruh. Setelah dipotong, bersihkan kotoran pada pinggir kuku dengan alkohol, atau jika tidak ada bisa memakai air yang dicampur sabun untuk mencegah timbulnya jamur pada kuku yang biasanya ditandai dengan munculnya warna kehitaman di pinggir kuku. Jamur ini menimbulkan bau tidak sedap pada kuku kaki. Juga keringkanlah kuku sehabis terkena air. Bagian pangkal dan pinggir kuku merupakan bagian yang paling rentan terhadap jamur.

Selain membersihkan dengan rutin kaki dan kuku, ada beberapa bahan alami yang digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki seperti lavender dan kayu cedar. Caranya dengan memasukkan lavender atau potongan kayu cedar di dalam sepatu pada malam hari. Jika lavender dan kayu cedar sulit di dapat, Anda bisa memasukkan kira-kira satu sendok teh baking soda, atau bisa dicampurkan dengan bubuk arang dalam kantung ke dalam sepatu. Baking soda sangat efektif untuk menyerap bau tidak sedap. Selain itu, campuran garam mineral, beberapa tetes air teh atau thyme juga bisa menghilangkan bau kaki. Caranya dengan mencampurkan bahan-bahan tadi dengan air hangat, lalu rendam kaki selama beberapa menit. Hal ini bisa membunuh bakteri. Lakukanlah dua hingga tiga kali seminggu.
 
Inilah ccara mudah menghilangkan bau kaki. Cobalah salam satu cara di atas jikan Anda mempunyai masalah dengan bua kaki dan buktikan hasilnya dan Anda tidak akan malu lagi dan merasa lebuh percaya diri jika sudah berhasil mengatasinya. Selamat mencoba.

 

0 comments:

Post a Comment